Kamis, 12 Maret 2009

Penutup

A. KESIMPULAN
Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng melalui indikator pelaksanaan Program-program Proyek kegiatan yang mencakup beberapa kegiatan yang mencerminkan kepentingan masyarakat di Kabupaten Bantaeng ternyata cukup memadai terutama dapat dilihat dari perkembangan peningkatan hasil-hasil pertanian tanaman pangan dan perkebunan yang mengalami peningkatan secara konsisten dalam lima tahun terakhir. Dengan sasaran peningkatan kesejahteraan petani yang diharapkan 10 % pertahun.

B. SARAN
1. Perlunya meningkatkan kemampuan staf dalam organisasi untuk menjalankan tugas- tugas secara optimal terutama dalam upaya mendorong, membimbing serta membantu para petani dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian.
2.Perlu mengupayakan agar Anggaran tidak terlambat sehingga program kerja yang telah disusun bersama berjalan sesuai yang telah direncanakan.
3.Dalam pembiayaan ke depan agar disiapkan dana khusus pengembangan SDM petani terutama pengetahuan dalam hal Manajemen Agribisnis Hulu dan Hilir agar petani mampu untuk memberdayakan dirinya.